Yuk, Ketahui Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Spread the love

Mendengarkan musik telah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi setiap masyarakat. Dapat dikatakan bahwa musik merupakan bahasa universal, dimana semua orang dapat memahami sesuatu melalui musik, dan mendengarkan musik sendiri adalah kegiatan yang pastinya pernah dilakukan oleh semua orang, tak sedikit yang menjadikan musik sebagai hoby yang menyenangkan, sehingga musik dapat dinikmati baik itu ketika senang, sedih, susah maupun saat mengalami euforia atau timbul rasa semangat.

Dan seperti penelitian yang dilakukan, musik dapat mempengaruhi kesehatan, khususnya yakni kesehatan mental, dimana saat saraf diperdengarkan musik maka akan merasakan suasana bahagia, sedih atau bahkan khawatir atau takut. Penemuan yang dilakukan oleh peneliti dari Centre For Interdisciplinary Music Research pada University of Jyvaskyla, Aarhus University di Denmark dan Aalto University di Finlandia menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan nuansa sedih atau bernuansa agresif akan berimplikasi pada meningkatnya faktor kecemasan atau neuroticism.

Namun, tidak hanya efek yang negatif musik juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan manusia, dan berikut akan dipaparkan beberapa manfaat dari mendengarkan musik yang mampu memberikan efek positif bagi manusia.

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

  1. Musik membuat tidur lebih nyaman, bagi Anda khususnya yang mengalami kendala susah tidur seperti insomnia, maka musik dapat menjadi alternatif yang dapat Anda lakukan. Karena dengan pilihan musik yang tepat, dapat memberikan efek nyaman dan tenang yang dihasilkan dari alunan ritme musik yang lembut, sehingga tubuh dan pikiran Anda akan merasakan relaksasi yang membawa Anda para proses istirahat yang lebih nyenyak, disamping itu juga memberikan kualitas tidur yang lebih baik.
  2. Musik merangsang kecerdasan dan imajinasi, jika Anda tengah kesusahan dalam berpikir, cobalah untuk mendengarkan musik kesukaan atau musik yang bertempo cepat, dimana secara tidak langsung akan membangkitkan nalar imajinasi Anda dan menciptakan ide – ide yang brilian. Anda pun dapat menggunakan alat musik untuk mendukung daya imajinasi yang dihasilkan dengan mendengarkan musik, cukup dengarkan musik dan rasakan kekuatan Anda akan konsentrasi yang meningkat dan perbaikan memori otak.
  3. Musik dapat menciptakan mood baik, ketika seseorang mendengarkan musik bernada ceria, secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh dalam meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik. Dengan musik juga dapat mengurangi manusia dari depresi, atau stres berlebihan yang diakibatkan oleh salah satu faktor. Penelitian tahun 2014 oleh Kay Norton menjelaskan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengatasi stres. Emosi yang dimunculkan oleh manusia dapat diluapkan melalui musik, sehingga sesaat setelah mendengar dan menyanyikan akan timbul rasa lega dan rasa stres pun sedikit demi sedikit akan berkurang.
  4. Musik merangsang indera, pada anak – anak khususnya mendengarkan musik dapat merangsang indra pendengaran dan lisan yang mana prosesnya menstimulasikan otak supaya dapat menangkap setiap kata – kata yang dilagukan, sehingga dapat diduplikasi untuk kembali diucapkan oleh si anak. Jika Anda ingin mengenalkan anak Anda dengan bahasa asing, pergunakanlah musik sebagai medianya, karena nada, ritme dan melodi yang dibungkus oleh kata – kata dapat memberikan sistem pembelajaran yang menarik serta mudah untuk ditangkap dan dihafalkan, untuk nantinya dipraktikkan.

Lalu, setelah mengetahui manfaat dari musik tersebut, apa saja aliran yang dapat memberikan efek musik bagi kesehatan, berikut penjelasannya seperti yang dilansir dalam artikel ini.

Aliran Musik Dan Efeknya

  • Musik klasik, mendengarkan musik klasik merupakan sesuatu hal yang menarik. Mendengarkan musik klasik berimplikasi pada kecenderungan untuk menenangkan tubuh serta menenangkan pikiran. Melalui musik klasik, akan menstimulus otak Anda untuk berpikir dengan tenang dan memperoleh hasil yang baik. Selain itu musik klasik dipercaya mampu meningkatkan dopamin yang juga bermanfaat untuk memperkuat memori. Efeknya pada kesehatan pun juga baik, dimana mendengarkan musik klasik mampu menenangkan detak jantung yang berdenyut serta membantu sekali bagi orang yang mengalami penyakit jantung.
  • Musik folk atau indie, akhir – akhir ini begitu populer istilah musik folk atau indie, dimana efek yang dihasilkan dapat menenangkan pikiran dan membantu otak untuk bekerja lebih santai, karena melalui alunan yang santai, ritme yang pelan serta lirik sederhana, membuat lagu – lagu dalam musik folk dapat dinikmati untuk menenangkan pikiran Anda atau terbebas dari rasa insecure.
  • Musik India klasik, jika mengenal musik khas India, maka tidak sedikit yang memberikan argumennya bahwa musik India klasik begitu rumit serta ekspresif. Mendengarkan musik klasik India dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang, khususnya yang tengah mengalami depresi. Sehingga otak akan merasa lebih tenang dan tidak terbebani pikiran yang akan difokuskan untuk beristirahat.

Demikianlah beberapa manfaat dari musik serta aliran yang berpengaruh pada kesehatan seseorang baik itu secara lahir dan batin, sehingga diharapkan musik dapat memberikan pula pengaruh yang positif kepada Anda para pembaca yang budiman. Sekian artikel mengenai informasi tersebut, semoga dapat bermanfaat, terima kasih.